Copyright © Daughter of Pudanis
Design by Dzignine
IconIconIconIconFollow Me on Pinterest

Rabu, 31 Oktober 2012

PANDUAN MEMILIH KOMPUTER TABLET

TIPS CARA MEMILIH KOMPUTER TABLET
Berikut ini beberapa tips yang dapat dijadikan dasar pemilihan komputer tablet.
  1. Layar Tampilan
    ukuran layar pada komputer tablet berbanding terbalik dengan portabilitasnya. Semakin besar ukuran layar, semakin berkurang pula portabilitasnya. Ukuran layar (diagonal) yang umum dari komputer tablet adalah 9,7 inci ( seperti pada Apple iPad dan HP TouchPad), 7 inci ( seperti Samsung Galaxy Tab, Blackberry PlayBook, dan sebagian Android tablet), 10,1 inci (seperti Motorola Xoom dan salah satu versi Samsung Galaxy Tab), dan 12 inci (seperti pada ASUS eee Slate EP121). Jika ukuran tersebut masih terlalu besar untuk dibawa atau dimasukkan ketas, ada pula komputer tablet dengan ukuran 5 inci, seperti Dell Streak. Karena untuk hampir setiap operasion digunakan layar sentuh, yang perlu diperhatikan lagi adalah kenyamanan, tingkat responsif, dan kemudahan input dari layar sentuhnya.
  2. Kecepatan Processor
    sama seperti jenis procesor netbook yang didominasi oleh produk dari Intel Atom dan AMD, kebanyakan processor pada komputer tablet adalah processor ARM. Keunggulannya adalah konsumsi daya yang rendah dibandingkan dengan processor x86 Intel Atom atau AMD. Rendahnya konsumsi daya tentu berpengaruh pada performa. Idealnya, komputer tablet memiliki processor dengan clock speed di atas atau minimal 1 GHz. Clock speed di bawah 1 GHz membuat performa komputer tablet lambat dan kurang dapat dinikmati.
  3. Protokol untuk Koneksi Nirkabel
    protokol standar untuk mengakses wireless local area network (atau hotspot untuk akses internet) adalah IEEE 802.11 yang biasa dituliskan 802.11x. protokol untuk koneksi nirkabel yang terbaru adalah 802.11n, sementara generasi sebelumnya yang umum digunakan adalah 802.11a, 802.11b, dan 802.11g.
    beberapa komputer tablet yang telah mendukung koneksi protokol terbaru 802.11n adalag Apple iPad, ASUS Eee Slate EP121, dan Samsung Galaxy Tab. Sementara, Dell Streak 5 masih menggunakan protokol nirkabel 802.11b/g (generasi dibawah 802.11n). karena komputer tablet banyak digunakan untuk akses internet, termasuk media streaming, pertimbangan fitur dengan protokol koneksi nirkabel terbaru, yaitu 802.11n.
  4. Sistem Operasi
    karena keterbatasan hardware, kebanyakan komputer tablet tidak dapat menjalankan sistem operasi maupun apliksi yang umum digunakan pada PC. Sistem operasi yang umum digunakan untuk komputer tablet adalah Google Android (seperti pada HP Slate, Dell Streak, dan Samsung Galaxy Tab), sementara Apple iPad dan BlackBerry PlayBook menggunakan sistem operasi khusus Apple iOS dan BlackBerry OS yang tidak digunakan pada komputer tablet lain.
  5. Kapasitas Penyimpanan Data
    untuk mempertahankan ukuran yang kompak, untuk media penyimpanan pada komputer tabletdigunakan Solid State Drive (SSD) atau flash drive yang berkapasitas mulai 1GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, hingga 64GB. Pertimbangkan pula adanya slot MicroSD atau port USB untuk tambahan penyimpanan data secara eksternal. Beberapa komputer tablet, seperti Apple iPad dan BlackBerry PlayBook, tidak memiliki port USB.
Hal lain yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih komputer tablet adalah input dan output yang disediakan. Koneksi HDMI (High-Definition Multimedia Interface) yang dapat digunakan untuk mentransmisikan video, gambar, atau suara ke perangkat lain seperti televisi atau proyektor tidak banyak disediakan oleh vendor komputer tablet. Jika anda membutuhkan banyak koneksi HDMI, anda dapat mempertimbangkan komputer tablet ASUS Eee Slate EP121 atau BlackBerry PlayBook yang dilengkapi dengan HDMI port.

0 komentar:

Posting Komentar